Sejarah Pendirian BUMDes Bersahaja

SEJARAH BERDIRINYA BUMdes “BERSHAJA”
Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) BERSAHAJA berdiri pada tahun 2018, pada tanggal 1 Desember 2018 telah diresmikan oleh Plt. Kepala Desa Duwet. BERSAHAJA itu sendiri mempunyai arti Berkah Sejahtera Harmonis dan Jaya. BUMDes BERSAHAJA dibentuk dengan latarbelakangi bertemunya Lembaga Pemerintah Desa (Perangkat Desa, BPD, LPMD, Ketua RT dan RW) beserta tokoh – tokoh masyarakat desa Duwet dalam acara musyawarah desa (MUSDES) yang melihat kondisi keuangan desa yang bersumber dari Pendapatan Asli Desa (PAD) sangat minim dan melihat potensi desa yang sangat bagus, sehingga terjadi kesepakatan untuk memberikan wadah yang mampu untuk mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya dengan nama BUMDes BERSAHAJA. Dengan adanya pendirian BUMDes ini sangat membantu dalam meningkatkan perekonomian masyarakat desa Duwet.
Dengan telah diresmikannya BUMDesa “BERSAHAJA” oleh Bapak Tafsir selaku Plt. Kepala Desa Duwet Kecamatan Bojong. BUMDesa “BERSAHAJA” terbentuk dari berbagai elemen tingkat Desa yaitu : LPMD, KPMD, Karang Taruna dan Tokoh Masyarakat. Dana modal awal yang di kelola oleh BUMDes “BERSAHAJA” ini sebesar Rp. 5.000.000,- (lima juta rupiah). Dengan modal awal Rp. 5.000.000,- usaha pertama yang akan dilaksanakan adalah Pos Pelayanan Pembayaran atau PPOB (Payment Point Online Bank). Pelayan pembayaran itu meliputi : Pembyaran BPJS Keluarga, Tagihan Listrik, Finance Leasing, PDAM, dll.
Dengan adanya potensi desa yang bisa di kembangkan, pengelola BUMDesa berencana melakukan sosialisasi kepada warga desa mengenai pengembangan potensi dan berbagai layanan BUMDes.